Pernahkah kalian memiliki pengalaman buruk dengan kontraktor beton? Atau setidaknya Kita pernah mendengar cerita yang kurang nyaman terkait pengalaman tentang pengecoran beton atau penyelesaian buruk, sedangkan kontraktor telah membayarnya. Namun, masalah ini sering terjadi mengingat konstruksi beton pada masa-masa sulit seperti ini dapat menemukan cerita terkait kontraktor beton yang berkualitas baik aspek penyelesaian proyek kalian dengan tepat waktu dan sesuai anggaran yang direncanakan. Lalu, bagaimana Kalian menemukan kontraktor beton yang berkualitas, pekerja keras, tepat waktu, dan harga terjangkau? Untuk mencari dan memastikan kontraktor kalian yang dicari setidaknya memenuhi tiga kriteria di bawah ini sebelum menandatangani kontrak. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Berlisensi dan berpengalaman

Sebagai gambaran jika Anda akan menggunakan jasa atau mempekerjakan seorang dokter tanpa gelar di belakang nama mereka, apakah Anda akan percaya orang tersebut mampu mengobati Anda? Tentu saja tidak! Begitu pula sama dengan pemilihan jasa menyewa kontraktor beton tanpa lisensi? Anda akan meragukan kontraktor yang Anda tuju dan akan di tunjuk tidak memiliki izin atau keterangan terkait pekerjaan yang mereka tawarkan tanpa ada title tersebut.

Kontraktor beton Anda harus memiliki lisensi atau sertifikat yang dikeluarkan negara sebagai bukti asuransi. Bagi Kontraktor beton yang tidak memiliki “lisensi beton”, tetapi dapat mengerjakan konstruksi rumah Anda, sebagai contoh mereka memerlukan lisensi atau sertifikat pengalaman pekerjaan perbaikan rumah atau lisensi kontraktor umum perumahan. Salah satu dari lisensi ini akan dikeluarkan oleh negara atau pihak berwenang yang di akui oleh pemerintah setempat dan kontraktor Anda harus dapat menunjukkan sertifikat atau lisensi mereka. Seharunya Kontraktor Anda harus dapat meminta perusahaan asuransi mereka dengan mengirim email kepada Anda tentang kompensasi dan jenis pekerja dan sertifikat asuransi yang menjadi kewajiban mereka.

Anda dapat mengontrol dan menanyakan terkait lisensi atau sertifkat yang ditunjukkan oleh kontraktor baik berkenaan dengan pengerjaan yang akan kerjasama atau hal-hal terkait dengan pengerjaan konstruksi lainya. Dan ini dapat menjadi pertimbangan dalam pelaksanaan pekerjaan yang nantinya terhindar dari persoalan-persoalan konstruksi. Ini penting dan perlu di perhatikan sebagai bahan pertimbangan Anda kepada atasan Anda.

  1. Referensi atau yang telah di kerjakan

Saat pertama kali bertemu dengan kontraktor dan memeriksa jenis pekerjaan yang pernah di kerjakan oleh pihak kontraktor, maka penting untuk di pertanyakan dan diminta untuk  memeriksa referensi. Seidaknya Tiga referensi proyek serupa dalam beberapa bulan terakhir akan memberi Anda informasi yang memadai untuk mengetahui apa yang diharapkan sebelum, selama, dan setelah proses atau pelaksanaan konstruksi. Referensi harus menyertakan gambar, ringkasan proyek, dan informasi pelanggan yang sesuai. Namun, tidak cukup untuk meminta informasi di atas. Anda harus menindaklanjuti dengan setiap kontak pelanggan untuk mengkonfirmasi informasi yang diberikan. Mulailah dengan bertanya kepada pelanggan sebelumnya tentang ketepatan waktu kontraktor dalam mengerjakan pekerjaan-pekerjaan, harga, Kerapihan pekerjaan, dan kualitas pekerjaan.

Jika calon kontraktor tidak dapat memberikan informasi yang tercantum di atas, ini adalah tanda bahwa mereka tidak memiliki pengalaman dalam bidang konstruksi, jika sebaliknya mereka mau menyerahkan dokumen referensi, maka kontraktor tersebut memiliki pengalaman dan patut dipertimbangkan untuk mengadakan kerjasama .

 

  1. Melacak Ulasan dan Informasi Online

Internet dapat memberikan banyak informasi mengenai kontraktor beton di daerah Anda dan biasanya akan mencakup ulasan yang termuat di online dengan melihat jejaak digital yang ditinggalkan oleh pelanggan sebelumnya. Google, Facebook, dan situs web mereka adalah area yang baik untuk memulai dan akan memberikan informasi tentang perusahaan kontraktor, sambil memberi Anda gambaran umum tentang kualitas pekerjaan yang mereka lakukan, melalui ulasan yang tidak bias dan tidak disaring atau ulasana apa adanya. Selain itu, sebagian besar kontraktor beton memiliki Situs Web atau halaman Facebook mereka sendiri, dengan gambar pekerjaan mereka dan informasi terperinci tentang perusahaan mereka. Jadi kita bisa menarik informasi sebanyak-banyaknya karena informasi tersebut dapat menjadi pertimbangan kita saat bertemu dengan tim kontrakor .

Perusahaan kontraktor yang tidak memiliki website atau sejenisnya secara online pada saat ini, bisa di katakan  mungkin tidak mapan dalam memberikan informasi kepada calon pelanggan, atau memang tidak memiliki pengalaman yang perluk diketahui oleh khalayak bagaimana kontraktor tersebut dapat menyelesaikan proyek-proyek dengan baik dan benar.

 

Tiga tips ini semoga yang Anda caari dan butuhkan untuk menemukan kontraktor beton yang memenuhi syarat untuk proyek perbaikan rumah Anda atau jenis pekerjaan konstruksi. Jika sewaktu-waktu Anda memiliki lebih banyak pertanyaan tentang kontraktor beton Anda, tanyakan kepada mereka secara pribadi untuk lebih banyak referensi, gambar, atau lakukan secara tersendiri untuk memastikan kontraktor yang seperti  apa yang akan Anda kerjasamakan.

Di era digital, sangat penting bagi bisnis Anda untuk memiliki kehadiran online. Baik itu situs web, platform e-niaga, laman media sosial, atau kombinasi dari ketiganya, membuat perusahaan Anda secara online akan menuai manfaat besar. Bahkan jika perusahaan Anda tidak melakukan bisnis online sekalipun, pelanggan dan calon pelanggan mengharapkan untuk melihat bisnis Anda secara online. Jika mereka tidak melihat Anda di sana (Platform), Anda bisa kehilangan kesempatan untuk meningkatkan basis pelanggan Anda dan menyebarkan berita tentang bisnis Anda ke khalayak (netizen) .

Berikut beberapa alasan mengapa bisnis Anda perlu secara online:

  1. Memudahkan Calon Pelanggan

Saat ini, jika seseorang menginginkan lebih banyak informasi tentang perusahaan, kemungkinan besar mereka akan melakukan riset online. Apakah mereka secara khusus mencari perusahaan Anda, atau mereka hanya ingin menemukan perusahaan lain yang menawarkan produk atau layanan yang ditawarkan perusahaan Anda, kehadiran online akan memberi Anda keunggulan kompetitif. Pelanggan potensial tidak akan berusaha untuk menemukan Anda, dan mereka tidak perlu melakukannya. Atas bantuan dari mesin pencarian Google, memungkinkan akan menyederhanakan semua informasi yang mereka cari dan inginkan.

Contoh dalam kehidupan nyata: Bisnis Anda mendistribusikan makanan laut, daging, anggur berkualitas, dan minuman lainnya. Seorang pelanggan potensial mengadakan kumpul-kumpul keluarga dadakan dan membutuhkan beberapa botol Cabernet Sauvignon dan beberapa udang. Dia menggunakan ponsel cerdasnya untuk mencari “anggur dan makanan laut di Jamaika”. Situs web perusahaan Anda tercantum dalam hasil pencarian. Setelah menjelajahi situs web Anda, dia puas bahwa Anda dapat menyediakan apa yang dia butuhkan. Anda baru saja mendapatkan pelanggan lain!

  1. Memudahkan Memamerkan Produk dan Layanan Anda

Internet memberi bisnis platform yang efektif untuk menampilkan apa yang mereka tawarkan. Baik itu portofolio dan testimonial dari klien di situs web, atau album di halaman Facebook dengan foto produk terbaru Anda, tidak pernah semudah ini untuk memberi tahu dunia apa yang Anda tawarkan. Dengan beberapa klik sederhana, pelanggan Anda dapat melihat semua tentang Anda. Mereka bahkan dapat melakukannya di luar jam kerja! Kehadiran online adalah perpanjangan dari merek Anda yang tidak pernah tidur.

  1. Mempermudah Hubungan dengan Pelanggan dan Calon Pelanggan

Media sosial adalah tentang membangun hubungan. Ini berlaku untuk individu dan bisnis. Media sosial memberi merek Anda. Pelanggan dan calon pelanggan dapat berinteraksi dengan merek Anda pada tingkat yang lebih pribadi. Ini juga memberi Anda kesempatan untuk benar-benar mengenal pelanggan Anda. Jika semua orang menggunakan media sosial kecuali Anda, Anda kehilangan kesempatan berharga untuk terhubung dan berkomunikasi dengan audiens target Anda. Media sosial adalah salah satu cara paling sederhana, namun paling efektif untuk membuat orang tertarik pada perusahaan Anda dan untuk membentuk hubungan nyata dengan orang-orang nyata.a

  1. Memudahkan Pemasaran produk

Situs web dan platform media sosial adalah alat pemasaran yang sangat baik. Mereka juga beberapa metode yang paling efektif biaya untuk mengirimkan informasi ke ribuan orang. Pemasaran online sangat penting untuk semua bisnis karena memiliki pengaruh besar pada cara konsumen membuat keputusan pembelian. Konsumen modern bahkan telah menunjukkan bahwa mereka melihat perusahaan secara negatif jika mereka tidak dapat menemukannya secara online. Menggunakan internet untuk tujuan pemasaran memungkinkan Anda mengatasi hambatan jarak. Orang yang berada ribuan mil jauhnya dapat mempelajari semua tentang bisnis Anda hanya dengan beberapa penekanan tombol. “Kemampuan berbagi” media sosial memungkinkan pelanggan Anda dengan mudah menyebarkan berita tentang bisnis Anda ke semua teman mereka. Pada akhirnya, pemasaran online memberi Anda kesempatan untuk memasarkan merek Anda dengan cara yang kreatif dan menarik.

 

Bisnis modern harus memastikan bahwa mereka tidak ketinggalan. Kehadiran online adalah salah satu investasi terpenting yang dapat dilakukan bisnis. Manfaatnya tidak terbatas!