Dalam dunia konstruksi, penyediaan material bukan hal sederhana. Apalagi untuk konstruksi  besar dengan pendanaan yang besar, semuanya melalui prosedur yang telah ditetapkan.

Dalam sebuah pembangunan tersebut membutuhkan manajemen yang tepat dan runtut,  yaitu melalui banyak proses, seperti  persiapan, perencanaan, kemudian perancangan pelelangan pekerjaan konstruksi, dan juga penyerahan pengoperasian. Semua hal itu merupakan tahap penting dalam konstruksi.

Pemilihan semua material konstruksi ada dalam perencanaan desain. Baik kebutuhan secara kualitas maupun kuantitas, harus sudah disebutkan di dalamnya untuk hasil sebuah konstruksi seperti dalam rancangan.

Dan dari banyaknya material ersebut, ada satu yang umum digunakan, yaitu bondek wire mesh untuk pengecoran dimana tahapan pengecoran sendiri merupakan satu proses penting dalam konstruksi.

Baca juga:

Harga Wiremesh

Pemilihan material tersebut memerlukan beberapa pertimbangan dan pengamatan. Tentunya dilihat dari segi efisiensi waktu pengerjaan, penggunaan tenaga manusia, dan juga efisiensi biaya. Maka, bondek wire mesh untuk pengecoran adalah salah stau yang banyak dipilih dalam banyak bidang konstruksi.

Pengertian Bondek Wiremesh

Bondek wire mesh untuk pengecoran banyak dipakai dalam proses  tulangan plat sebuah konstruksi, seperti sebuah gedung maupun perumahan. Dalam pengguaannya perlu dilakukan perhitungan lebar, dan panjang dari plat.

Dari pengukuran ini maka bisa dihitung estimasi kebutuhan untuk pembuatan plat tulangan. Bondek wiremesh menjadi salah satu alternatif pengunaan dalam konstruksi dibanding dengan plat konvensional.

Ada banyak alasan yang mendasarinya hingga menjadi trend tersendiri yang banyak diterapkan oleh para insinyur teknik sipil dalam melakukan perencanaan pembangunan.

Baca juga:

Harga Bondek

Bondek pada umumnya dibuat dari baja galvanis, merupakan baja ringan yang memiliki banyak mnafaat dalam dunia konstruksi. Untuk plat beton khususnya, bondek memiliki fungsi ganda dengan daya tahannya yang cukup tinggi terhadap cuaca maupun terhadap api.

Fungsi dari bondek wire mesh untuk pengecoran adalah untuk menjadi penyangga permanen dari sebuah penulangan yang dijadikan penulangan searah positif.

Lebih lanjut, perlu diketahui bahwa kekuatan tarik leleh minimum pelat baja galvanis untuk bondek ini adalah 550Mpa untuk ketebalan mencapai 0,70 mm secara umum dan ukuran standarnya.

Sementarta itu, penggunaan bondek dalam engecoran secara umum adalah:

  • Bondek bisa menjadi lantai kerja sementara
  • Bisa pula menjadi bekisting tetap
  • Dan menjadi tulangan posistif sebuah struktur

Pada konstruksi masa kini, bondek wire mesh untuk pengecoran sudah banyak dimanfatakan sebagai plat lantai yang kokoh dan mampu menahan beban. Untuk menjamin adanya lekaran kuat untuk fungsi ini.

Maka bahan-bahan ikatan kimia menjadi hal yang memberikan peran yang tinggi. Selain itu, bisa pula menggunakan alat modern yang disebut dengan penyalur gaya gesek yang akan membuat bondek terpasang dengan lebih kuat pada struktur.

Sebagai sebuah tulangan untuk plat lantai, bondek wire mesh untuk pengecoran harus mampu menerima beban yang bekerja pada plat. Penjelasannya akan dijabarkkan dalam uraian di bawah ini.

Beban yang Bekerja pada Bondek Wire Mesh untuk Pengecoran

Beban mati

Apa yang disebut dengan beban mati? Beban mati adalah semua berat yang merupakan berat  gedung itu sendiri. Disertai pula dengan unsur tambahan yang melekat pada gedung yang dibangun
Beban mati yang bekerja pada bondek wire mesh untuk pengecoran maupun plat konvensional pada umumnya, bisa meliputi:

  • Dinding
  • Lantai
  • Tangga
  • Finishing
  • Tangga

Beban hidup

Berbeda dengan beban mati, beban hidup ini terjadi dengan adanya penghunian dalam gedung. Saat gedung sudah mulai difungsikan dan mulai diberi furniture, mesin-mesin, hingga peralatan lain, maka akan memberikan beban tambah selain beban mati pada sebuah gedung. Dan beban tambah inilah yang disebut dengan beban hidup

Besaran beban ini cukup fleksibel yang bisa berubah selama masa pakai gedung, bisa berubah setiap saat sesuai dengan kepentingan penggunaan gedung bagi penghuninya.

Maka, penggunaan bondek wire mesh untuk pengecoran harus melalui slesksi bahan dan juga dipasnag dengan sempurna karena memiliki peran penting dalam kokohnya sebuah gedung konstruksi.

Penulangan Bondek Wire Mesh untuk Pengecoran

Bondek wire mesh untuk pengecoran mencakup proses penulangan. Di dalamnya ada baja galvanis yang berperan sebagai tulangan dalam struktur beton seperti pada plat lantai gedung.

Funsgi utama dari penulangan dengan baja ini adalah untuk menahan gaya tarik yang bekerja pada balok, pondasi, lantai dan juga pada struktur lainnnya. Pelat lantai adalah contoh paling umum bagi struktur penulangan ini.

Baca juga:

Harga Ready Mix

Seiring dengan besarnya peran dari penulangan plat dengan baja ringan ini, maka butuh banyak aspek untuk menentukan keberhasilan konstruksi ini. Beberapa diantaranya adalah:

  1. Tenaga kerja dalam proyek konstruksi
  2. Budget atau pendanaan
  3. Pemilihan dan pengadaan bahan baku
  4. Alat-alat dan mesin-mesin
  5. Metode

Keunggulan Memakai Bondek Wire Mesh Untuk Pengecoran

Dari uraian  di atas menunjukkan banyak hal yang  dibutuhkan dalam proses penulangan. Bondek wire mesh untuk pengecoran merupakan salah satu cara yang diterapkan untuk struktur sebuah plat lantai dalam gedung bertingkat. Keunggulannya adalah:

  1. Cukup mudah dalam pemasangan hingga membuatnya lebih cepat selesai karena tak seperti bekisting konvensioanl, yang harsu dilakukan per bentang
  2. Bondek wire mesh untuk pengecoran sangat kuat karena dibuat dari baja galvanis yang kokoh