jenis-jenis truk sekitar beton (truk molen, pompa beton, pompa mini, pompa kodok)

Alat angkut dan alat berat adalah bagian tak terpisahkan dari suatu pengerjaan konstruksi. Karena seperti yang kita tahu bahwa untuk pengakutan beton maupun material, butuh kendaraan yang tangguh yang mampu menahan beban yang sangat berat. Jadi, bagi yang berkecimpung dalam dunia konstruksi, perlu mengetahui beberapa jenis-jenis truk sekitar beton. Masing-masing truk ini memiliki spesifikasi dan tujuan penggunaan sendiri.

 Jenis-jenis Truk Sekitar Beton yang Sering Ditemui

Beberapa jenis-jenis truk sekitar beton ini bisa ditemui di lokasi konstruksi skala besar dan dibutuhkan dalam keadaan khusus dan mendesak. Untuk lebih jelasnya berikut penjabaran dari  jenis-jenis truk sekitar beton yang perlu Anda tahu!

Truk molen

Anda tentu sudah tak asing dengan istilah truk molen, bukan? Truk ini memang berfungsi sebagai alat angkut, namun khusus untuk membawa beton segar maupun beton kering. Hal ini sangat membantu dalam proses konstruksi, apalagi bagi yang engangkut beton cor siap pakai.

Truk molen yang merupakan salah satu dari banyak  jenis-jenis truk sekitar beton ini disebut juga truck mixer. Fungsi utamanya adalah mengangkut beton siap pakai dari batching plant menuju ke lokasi konstruksi. Alat ini sangat istimewa karena dilengkapi dengan mixer atau pengaduk untuk memastikan beton tidak rusak hingga sampai ke lokasi konstruksi.

Jenis truk ini memberikan banyak sekali keuntungan, di antaranya adalah:

  • Sebuah konstruksi tidak membutuhkan tempat pencampuran khsusus karena bisa dilakukan dalam truck mixer ini
  • Pencampuran dilakukan oleh truk molen hingga ke tempat konstruksi
  • Kualitas beton mampu terkontrol dengan baik karena pengawasan dilakukan sejak awal di batching plant
  • Kualitas lebih konsisten

Untuk ukurannya sendiri, truk molen ini sangat beragam. Ada yang memiliki panjang 8 meter dengan lebar 2,5 meter, tinggi 3,5 meter. Bukan hanya itu, kapasitas mixer sendiri juga beragam dengan kemampuan berputar untuk pengadukan yang bisa mencapai kecepatan hingga 18rpm.

Perputaran  dalam beton ini setidaknya 300 putaran sejak air dimasukkan dan dilakukan dalam perjlanan hingga beton tidak akan rusak sampai ke lokasi konstruksi.

Pompa beton

Salah satu jenis-jenis truk sekitar beton yang lain adalah pompa beton, disebut juag dengan istilah concrete pump. Fungsi utamanya adalah menyalurkan beton segar menuju ke struktur. Paling banyak digunakan untuk menyaluran beton ke bangunan tingkat tinggi yang tidak bisa dijangkau tanpa pompa dengan lengan yang panjang.

Jenis pompa beton ini ada dua, ada yang disebut dengan mobile concrete pump, ada juga fixed concrete pump. Alat ini membantu menyalurkan beton ke tempat yang sulit dijangkau, seperti gedung bertingkat atau gang kecil.

Pompa Beton

Spesifikasi umumnya adalah ditemuinya pompa yang menyatu pada truk hingga memudahkan pergerakan menuju ke lokasi yang diinginkan. Tipe ini khusus untuk mobile concrete pump. Untuk fixed concrete pump, merupakan jenis pompa dengan posisi menetap.

Baca juga

Harga Sewa Pompa Beton

Dari banyaknya jenis-jenis truk sekitar beton, pompa beton memiliki keunggulan yang unik, yaitu:

  • Hanya butuh slauran kecil untuk pipanya
  • Beton segar bisa dipompa secara terus menerus dengan kecepatan yang konsisten
  • Pompa bisa digerakkan dengan fleksibel, baik vertikal maupun horizontal
  • Bisa dipakai dalam beragam proyek baik besar maupun kecil
  • Mampu mempompa beton ke gedung yang tinggi atau gang sempit
  • Menghemat waktu dan tenaga manusia dalam pelaksanaan dan penggunaannya.

Pompa mini

Jenis-jenis truk sekitar beton sangat beragam, menyesuaikan dengan kebutuhan setiap proyek konstruksi yang diselenggarakan. Salah satunya adalah pompa mini, disebut juga dengan istilah concrete pump mini. seperti namanya, alat ini lebih kecil dibandingkan concrete pump pada umumnya.

Kegunaan utama dari jenis alat pemompa beton segar ini adalah untuk melakukan pengecoran di jalan-jalan sempit. Bisa pula untuk menyalurkan beton di rumah atau ruko di gang yang sulit dilalui oleh kendaraan konstruksi.

Dengan memakai pompa beton mini ini, maka pekerjaan lebih mudah dilakukan, baik untuk konstruksi besar maupun kecil. Seperti halnya dengan pompa beton yang lain, pompa mini ini mampu untuk memompa beton secara terus menerus dengan konsisten memakai pipa yang bisa digerakkan secara fleksibel baik vertikal maupun horizontal.

Pompa kodok

Inilah salah satu yang unik dari jenis-jenis truk sekitar beton yang umum ditemui. Pompa kodok memiliki jangkauan yang cukup jauh, yaitu 100 hingga 200 meter. Bisa untuk pengecoran di jalan sempit.

Penggunaannya cukup efektif dalam dunia konstruksi dan membuat semua proses pengerjaan lebih mduah dan cepat. Untuk pengecoran, hanya dibutuhakn hitungan menit untuk perkubiknya dalam penuangan beton cor.

Jenis pompa ini mampu menghemat waktu pengerjaan hingga lebih cepat selesai, pengematan tenaga kerja manusia, dan juga menjamin kualitas beton ready mix tetap terjaga hingga ke struktur konstruksi.

Selain pengecoran  jalan, pompa kodok coock untuk konstrusi lain, seperti untuk bendungan, subway, maupun pondasi. Keunikan dari jenis-jenis truk sekitar beton lainnya ialah, pompa kodok mampu mempompa beton dengan jarak yang sangat jauh secara horizontal atau mendatar.

Dari keempat jenis pompa beton di atas, pengadaannya mampu secara efisien membantu setiap pengerjaan konstruksi yang membutuhkan beton sebagai bahan utamanya. Pengadaannya bisa melalui sewa maupun beli dari banyak pilihan brand pompa beton yang kini makin beragam ditemui di Indonesia.