CALL US
085819509058
E-MAIL
persadareadymix@gmail.com

Produk Jasa

Mutu Beton K 350 Ready Mix

Rp 1,300,000.00

Beton K 350 merupakan salah satu beton yang banyak dicari. Bahan-bahan campuran beton jenis ini ada air, agregat, semen, serta terkadang diberi campuran bahan kimia untuk meningkatkan mutu dan kualitas beton K 350 ini.

Product Description

Beton K 350 merupakan salah satu beton yang banyak dicari. Bahan-bahan campuran beton jenis ini ada air, agregat, semen, serta terkadang diberi campuran bahan kimia untuk meningkatkan mutu dan kualitas beton K 350 ini.

Beton ini masuk ke dalam beton kelas menengah ke atas atau beton kelas II yang harganya bisa dibilang cukup mahal. Makna dari k 350 sendiri adalah beton ini mampu menahan beban hingga 350 kg/cm², biasanya beton ini digunakan untuk pekerjaan struktural seperti pembuatan gedung sekolah, jalan, dan pembuatan jembatan.

Baca juga:

Konstruksi Struktur

Cara Membuat Campuran Beton K 350

Bahan :

  1. Semen
  2. Pasir
  3. Air
  4. Kerikil

Alat :

  1. Timbangan
  2. Sekop
  3. Cangkul
  4. Mesin Molen

Cara Pembuatan :

  1. Tentukanlah mutu beton yang akan di buat, misal akan membuat mutu beton k 350.
  2. Selanjutnya siapkan semen, air, kerikil, dan pasir dengan komposisi yang sudah sesuai dengan aturan yang berlaku.
  3. Setelah itu masukan secara bertahap ke mesin molen dari mulai kerikil, air, dan lalu semen. Takaran yang digunakan harus pas, agar menghasilkan beton yang bagus. Untuk ukuran semen, pasir, serta kerikil dihitung per berat/kg bukan per sekop, sedangkan untuk air dihitung berdasarkan volumenya.
  4. Setelah semua bahan masuk ke mesin molen, putar mesin tersebut. Jika butiran pasirnya sudah tidak ada lagi maka artinya campuran tersebut sudah teraduk dengan rata.
  5. Kemudian tambahkan air ke dalam molen secara berkala, ketika memasukan air ke dalam molen pastikan mesin masih dalam keadaan hidup. Tetap hidupkan mesin tersebut hingga pembuatan beton selesai dan menghasilkan kualitas beton yang Anda inginkan.
  6. Jika Anda akan membuat dalam skala yang kecil, maka alat yang dibutuhkan cukup cangkul dan sekop saja tidak perlu menggunakan mesin molen.

Baca juga:

Menghitung Kebutuhan Beton Cor

Konversi mutu beton k 350 ke FC

Dalam dunia perbetonan, mutu beton bisa beralih dari K ke FC, K yang di dimaksud adalah menggunakan ukuran kg/cm² sedangkan FC menggunakan ukuran satuan Mpa/megapascal. Adapun perbedaan antara K dan FC :

  1. K menggunakan patokan ukuran kubus yaitu 15x15x15, sedangkan FC menggunakan satuan silinder 15×30.
  2. Beton K mengacu pada peraturan lama yaitu peraturan Beton Bertulang Indonesia ( BI 1971 N.1. -2, sedangkan untuk FC lebih menggunakan pada peraturan yang baru yaitu SNI 03-2847-2002.

Untuk melakukan perhitungan konversi dari K ke FC Anda bisa menggunakan rumus kubus 15x15x15 yang memiliki perbandingan 1:0,83 dan untuk silinder menggunakan rumus 15×30 yang merupakan penggunaan mutu beton Fc (Mpa )

Rumus yang bisa digunakan adalah 1 Mpa : 1 N/mm² : 10 kg/cm², jadi jika akan menghitung konversi mutu beton k 350 maka perhitungannya adalah:

( 350/10 X 0,83 ) : 350 X 0,083 : 29.05 Mpa. Jadi, konversi mutu beton k 350 ke fc setara dengan 29.05 Mpa.

3 cara perawatan beton k 350 yang baik dan benar :

  1. Curing penyiraman cairan yaitu dengan cara membasahi beton tersebut, bisa dengan cara diletakan pada ruangan lembab atau bisa juga diletakkan di atas genangan air serta bisa juga meletakan karung basah di atas beton. Nah, selain itu bisa juga menyiramnya secara terus menerus dan juga menyemprotkan cairan kimia ke beton tersebut.
  2. Curing penguapan suhu tinggi yaitu dilakukan dengan cara dengan memberikan tekanan pada suhu rendah maupun tinggi. Pada tekanan rendah lama penguapan adalah 10-12 jam dengan suhu 40° – 50° celcius, sedangkan pada tekanan tinggi lama penguapan 10-16 jam dengan suhu 65° – 95° celcius. Tetapi, kekurangan pada perawatan jenis ini adalah biaya yang dikeluarkan akan banyak karena peralatan yang digunakan pun cukup mahal.
  3. Curing dengan perawatan lain yaitu dengan cara menyinari beton menggunakan sinar inframerah selama 2 sampai 4 jam pada suhu 90° celcius. Tujuan dari perawatan ini adalah agar penguapan air dapat cepat dilakukan, sehingga akan memperoleh kualitas beton yang unggul.

Demikian pemaparan mengenai beton k 350 dari cara merawat, cara membuatnya, hingga bagaimana menghitung konversi mutu beton K ke FC.

Untuk anda yang memerlukan jenis beton ini sila baca di laman penawaran harga ready mix

Ulasan

Belum ada ulasan.

Jadilah yang pertama memberikan ulasan “Mutu Beton K 350 Ready Mix”

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

has been added to the cart. View Cart
Untuk order silahkan hubungi kami dengan chat melalui whatsapp
WhatsApp Support
Zaenudin
Tersedia