CALL US
085819509058
E-MAIL
persadareadymix@gmail.com

Produk Jasa

Readymix

Mengulas Secara Lengkap Ready Mix Concrete dan Kelebihannya

Sudah bukan menjadi rahasia lagi jika beton merupakan salah satu material utama dan terpenting dalam suatu proyek pembangunan. Membahas tentang beton tentu tidak terlepas dari berbagai jenisnya. Nah, seperti yang Anda ketahui, beton terdiri atas site mix, ready mix, dan juga pracetak.

Namun, kali ini yang akan diulas secara mendalam adalah tentang ready mix concrete atau beton ready mix. Dalam dunia konstruksi, ready mix juga disebut dengan beton siap pakai.

Agar lebih jelas, yuk, simak pembahasan lengkapnya di bawah ini!

Pengertian Ready Mix Concrete

Ready mix adalah jenis beton yang proses produksinya dilakukan di pabrik batch (batching plant). Jenis beton ini juga ditambahkan sejenis bahan kimia yang disebut admixture. Ready mix dapat dipesan secara custom tergantung dari mutu yang diinginkan. Sedangkan pembuatannya dilakukan di pabrik dan diawasi secara modern dan terkomputerisasi.

Pembuatan beton ready mix pada mesin batching plant dengan mencampurkan berbagai material seperti pasir, batuan, air, serta semen. Komposisinya bisa disesuaikan dengan keperluan konstruksi Anda.

Sedangkan zat kimia tambahan atau admixture dapat menambah kualitas serta kondisi beton sesuai yang yang diinginkan.

Sebetulnya, teknik batching plant ini bukan cara yang baru. Teknik ini sudah ada sejak 1930-an. Namun, baru mulai terkenal di tahun 1960-an seiring pesatnya pembangunan. Sampai saat ini, ready mix concrete semakin banyak digunakan dan sudah ada banyak perusahaan yang menyediakan produk terbaik.

Pengertian Ready Mix

Pengaplikasian Ready Mix Concrete

Pada praktiknya, pengiriman ready mix concrete dari blatching plant perlu memakai alat angkut. Biasanya, ada dua cara yang digunakan yakni menggunakan truk barrel ataupun mixer beton volumentrik.

Truk pompa beton harus sudah terlebih dahulu siap di lapangan sebelum truk molen sampai di tempat pengecoran. Truk pompa berfungsi untuk memindahkan beton dari truk molen ke area yang akan dibangun.

Penggunaan truk ini bisa lebih menghemat tenaga dan waktu ketika melakukan pengecoran. Lebih dari itu, kualitas ready mix concrete lebih terjaga. Tidak heran kalau jenis beton yang satu ini semakin banyak digunakan di dunia konstruksi.

Meski begitu, beton ready mix ini butuh persiapan yang sangat matang terkait dengan kondisi lapangan sebelum pengecoran. Termasuk juga dalam pemakaian bekisting yang harus sangat kuat supaya proses pengeringan tidak menyebabkan beton menjadi retak.

Baca Penawara: Harga Ready Mix

Manfaat Ready Mix Concrete serta Proses Pembuatannya

Ready mix merupakan jenis beton yang banyak dipakai karena kualitasnya yang baik. Pun, bisa membuat pembangunan proyek pembangunan jadi lebih efektif.

Daya tahan beton yang satu ini juga sangat tinggi yang rata-rata mencapai 30 tahun pada area yang mempunyai lalu lintas tinggi dan padat seperti pada jalan raya. Nah, jenis beton ini juga mempunyai durabilitas yang tinggi karena menggunakan bahan-bahan selayaknya beton biasa. Bahan-bahan tersebut meliputi semen Portland, agregat kasar, agregat halus, dan juga air.

Sebelum diproses, agregat halus harus melalui tahap pencucian. Sehingga, tidak ada tanah liat dan kotoran yang tercampur. Sebab, material tersebut bisa membuat mutu beton jadi berkurang.

Biasanya, ready mix concrete akan dijual berdasarkan volume. Selain itu, proses pembuatan akan diawasi secara ketat sesudah dihitung secara teliti.

Kelebihan Memilih Ready Mix Concrete

Jika Anda memilih ready mix concrete untuk proyek konstruksi, maka sudah pasti jadi pilihan yang tepat. Pasalnya, ada beberapa kelebihan dari beton yang satu ini, diantaranya :

  1. Kualitas yang konsisten : karena dibuat pada batching plant dengan pengawasan yang ketat, tentu saja kualitasnya akan terjamin dan konsisten.
  2. Dapat mengurangi debu : proses pencampuran beton akan menyebabkan kebisingan serta polusi udara karena debu yang beterbangan. Penggunaan ready mix concrete akan mengurangi polusi dan kebisingan.
  3. Solusi untuk sempitnya area konstruksi : proses pembuatan beton tentu butuh area yang sangat luas. Padahal, diperlukan banyak tempat terutama untuk menempatkan bahan baku. Ready mix concrete sangat praktis karena tidak membutuhkan area yang luas.

Itulah pembahasan yang sedikit panjang tentang ready mix concrete. Dari ulasan tersebut, tentu Anda akan mengetahui bagaimana proses pembuatan, distribusi, hingga kelebihannya. Dengan begitu, Anda bisa mempertimbangkan apakah perlu menggunakan jenis beton yang satu ini atau tidak.

Showing 1–12 of 13 results

has been added to the cart. View Cart
Untuk order silahkan hubungi kami dengan chat melalui whatsapp
WhatsApp Support
Zaenudin
Tersedia